Wednesday, September 24, 2014

6 CUACA ANEH DI DUNIA

Posted by Unknown at 8:57 AM
Dunia memang menyimpan banyak hal mengejutkan, banyak orang  bahkan para ilmuan kadang bingung di buatnya. Berikut ini enam fenomena cuaca aneh di dunia. Tapi santai, ini bukan tanda kiamat hanya saja bumi kita sangat unpredictable. :) 

1. Polar Vortex Membekukan Amerika Serikat
Polar Vortex membekukan air terjun Niagara
Polar Vortex membekukan air terjun Niagara
Baru-baru ini sebagaian wilayah Amerika di landa oleh fenomena Polar Vortex. Polar vortex sendiri merupakan  sistem bertekanan rendah yang tebal dan dingin. Polar vortex sebenarnya hanya terkonsentrasi di wilayah kutub. Namun, saat melemah atau karena perbedaan suhu dan tekanan dengan wilayah di lintang lebih rendah, polar vortex bisa menjalar ke daerah yang lebih selatan, dan mencapai Amerika. Adanya polar vortex membuat Amerika seperti memasuki jaman es. Suhu undara mencapai titi terendah selam 20 tahun terakhur.  Bahkan air terjun Niagara ikut membeku dibuatnya.

2. Turun Salju di Gurun Sahara 

Turun Salju di Gurun Sahara
sahara desert

Sepanjang sejarah manusia, Gurun Sahara tercatat sebagai daerah terkering di dunia. Tapi, siapa sangka gurun ini pernah mengalami fenomena cuaca ane, tepatnya pada tanggal 18 Februari 1979  turun salju yang menutupi beberapa barisan pegunungan Sahara. Tepatnya salju jatuh di selatan Algeria, 30 menit seteleah sebuah badai salju berhenti di daerah tersebut.




 3.Spearfish, S.D. : Kota dengan Kenaikan Temperatur Tercepat di Dunia


Spearfish, S.D. : Kota dengan Kenaikan Temperatur Tercepat di Dunia
Spearfish, S.D saat musim dingin

 Kota  Spearfish, S.D memiliki sejarah yang mencengangkan dalam catatan rekor cuaca. Pada 22 Januari 1943,  Kota dengan penduduk 8.500 jiwa ini tiba-tiba mengalami kenaikan suhu menjadi 29 derajat celsius dari  minus  20 derajat celsius hanya dalam 2 menit.  Fenomena cuaca aneh ini pun membuat Spearfish, S.D., memegang rekor kota dengan kenaikan suhu tercepat.





 4. Marble Bar : Kota Bersuhu Tinggi Terpanjang di Dunia

Merbel Bar dilanda suhu panas selama 160 hari
Merbel Bar saat panas


Pada tahun 1923 Merbel Bar,sebuah kota di Barat Australia tercatat pernah mengalami sebuah kejadian cuaca yang sangat aneh. Dari 31 Oktober 1923 sampai 7 April 1924  (160 hari)  suhu di kota tersebut mencapai 100 deratajat Farenheit atau 37.8 Derajat Celsius. Fenomena cuaca aneh ini pun memecahkan rekor dunia.





 5.Tornado Kesepian
Tornado muncul di Alaska
Tornado terlihat muncul di sekitar Pulau Unga

Alaska adalah salah satu negara bagian dari Amerika Serikat,  yang dikenal tidak pernah mengalami fenomena tornado. Tapi pada tahun 2005, sebuah tornado muncul  untuk pertama kalinya. Tornado ini di muncul di daerah pegunungan dekat Pulau Unga, dan disaksikan oleh banyak penduduk setempat.  Para penduduk  mengatakan bahwa ini pertamakalinya mereka melihat kejadian seperti ini. Tentunya mereka pasti menganggap kejadian ini sebagai fenomena cuaca yang aneh.



6. Badai Telat

Badi Epsilon telat muncul
Peta pergerakaan badai epsilon



Badai, cuaca ekstrem yang diikuti hujan dan hujan es biasanya muncul pada bulan September dan Ocktober. Namun hal  yang sangat aneh terjadi pada tahun 2005. Pada bulan Desember,  sebuah badai yang dinamai Badai Epsillon terbentuk di Samudra Atlantik .Badai ini menjadi badai ke lima yang muncul di bulan Desember selama 120 tahun terakhir.





Share This Article




0 comments:

Post a Comment

 

ANDROMEDA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos